Artikel Fotografi

PEMOTRETAN DENGAN OBJEK FLORA

Mutiara Alifia Yudiana
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Teknologi Pendidikan 

ABSTRAK

       Fotografi lahir sejak abad ke-19 tepatnya pada tahun 1839. Sejak saat itu fotografi berkembang sangat pesat hingga saat ini. Berawal dari lahirnya kamera obscura yang hanya berupa kotak kamera dan belum dilengkapi dengan film untuk menangkap gambar atau bayangan, hingga saat ini kamera sudah sangat mudah ditemukan pada banyak ponsel. Berdasarkan perkembangan teknologi yang sangat canggih dan pesat pengambilan gambar saat ini bisa dilakukan setiap hari menggunakan kamera ponsel yang banyak dimiliki saat ini.
      Tujuan dibuat nya artikel ini adalah untuk memberikan informasi kepada para pembaca tentang teknik pemotretan dengan objek flora. Memotret objek flora tidaklah mudah seperti yang dibayangkan. Memotret flora dengan objeknya membutuhkan beberapa teknik yang harus dipelajari terlebih dahulu. 

Kata Kunci: Fotografi, Metode Pemotretan

PENDAHULUAN

      Pada abad ke-19, tepatnya di tahun 1839 merupakan tahun awal kelahiran fotografi. Pada tahun tersebut, di-Prancis dinyatakan secara resmi bahwa fotografi adalah sebuah terobosan teknologi dengan hasilnya berupa rekaman dua dimensi seperti yang terlihat oleh mata, sudah bisa dibuat permanen. 
      Fotografi dalam artian bahasa berasal dari dua kata yang pertama 'foto' berarti cahaya dan 'grafi' berarti melukis atau menulis dengan menggunakan media cahaya. Dalam istilah umum, fotografi berarti sebuah proses untuk menghasilkan foto dari suatu objek dengan dengan cara merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya. 
      Secara garis besar, pengertian fotografi adalah suatu proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya. 
      Prinsip dari fotografi sendiri adalah memfokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya. 
      Fotografi saat ini telah berkembang menjadi sebuah gaya hidup, hal ini dimulai semenjak munculnya era digital dan berkembangnya media sosial, 
      Dari uraian diatas pada tulisan kali ini saya mengambil tema flora. Pengertian flora dalam bentuk sederhana adalah tumbuhan. Sementara pengertian flora secara umum adalah segala jenis tumbuhan serta tanman yang ada di muka bumi ini. Keberadaan flora sendiri sangat dibutuhkan oleh manusia. Karena flora atau tumbuhan dapat menghasilkan oksigen untuk manusia. 
      Foto yang diambil saat ini adalah Tumbuhan Bunga Kertas. Bunga kertas ini memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah mengobati hepatitis. Selain itu tumbuhan ini memiliki nilai keindahan tersendiri sehingga dapat diabadikan. 

METODE DALAM PEMOTRETAN


Dalam hasil pemotretan diatas ada metode yang digunakan, sebagai berikut: 

ISO : 100
Secara definisi ISO adalah ukuran tingkat sensifitas sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi setting ISO maka semakin sensitif sensor kamera terhadap cahaya.

Aperture : f/2.2
Aperture biasa disebut juga dengan bukaan lensa yang berarti ukuran seberapa besar atau kecil terbuka-nya iris pada lensa yang diukur dengan f-number. 

Exposure time : 1/613.
Semakin besar bukaan lensa (f-number semakin kecil), semakin banyak pula cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera.

Teknik pengambilan foto : Low Angle. Teknik pemotretan Low Angle merupakan teknik shooting dengan memposisikan juru kamera dibawah objek. Hasilnya gambar flora akan tampak jelas bentuk nya dari bawah hingga atas sekalipun. Sehingga flora tersebut tampak terlihat lebih jelas.

HASIL DAN BAHASAN

       Seperti yang sudah dijelaskan dalam metode dalam pemotretan dengan menggunakan ISO : 100. aperture : f/2.2, menggunakan teknik pengambilan foto Low Angle, serta exposure time : 1/613 akan menghasilkan resolusi foto sebesar 2160 x 3840 px, dan juga file size sebesar 4,14 MB. 
      Dalam mengambil foto flora fokuslah pada satu flora. Serta amatilah sudut pandang yang bagus untuk mengambil foto flora tersebut. Intinya, banyak-banyak lah belajar teknik dalam pemotretan agar gambar yang diambil menghasilkan gambar yang sangat memuaskan. 


DAFTAR PUSTAKA

https://www.kamerashot.com/memahami-iso-fotografi/
https://www.id.m.wikipedia.org/wiki/Fotografi
https://idseducation.com/articles/fotografi-adalah-seni-sejarah-dan-perkembangannya/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum 3

Praktikum 2